01 Apr 2009 @ 14:11 

Alhamdulillahi wa syukurillaah. Shalallaahu ‘alaa sayyidinaa wa maulaana Muhammad wa ‘alaa aalihi wa ummati ajma’iin.

Tulisan yang akan penulis sampaikan di sini adalah terjemahan bebas dari artikel yang berada di http://www.jasonoconnor.com/?p=10 yang berjudul How to Have a Terrible and Frustrate the Heck out of Your Visitors.

Tujuan utama dari penulisan artikel ini adalah agar para pemilik, pengelola, dan pengembang website dengan tujuan apapun dapat mendapat manfaat lebih dan menekan dampak negatifnya semaksimal mungkin. Selamat membaca!

->

Apabila Anda seorang webmaster ataupun pemilik website yang sadis dan memiliki semangat yang menggebu-gebu untuk membuat pengunjung website Anda frustasi dan marah setiap kali mereka mengunjungi website Anda, berikut ini ada 3 hal yang perlu Anda perhatikan. Jika Anda ingin agar website Anda kelihatan buruk, bekerja dengan parah sekali dan bertabrakan dengan peraturan dasar dalam fundamental pemasaran (marketing), silakan lanjutkan membaca.

Pertama-tama, ijinkan penulis jelaskan akan ketiga hal ini. Satu cara dalam melihat sebuah website dapat dibagi menjadi 3 bagian, yaitu: desain, teknis dan pemasaran (marketing). Dengan kata lain, setiap website tentunya memiliki 3 komponen tersebut. Mereka semua memiliki desain atau tampilan, mereka semua pasti berada dalam sebuah server hosting dan diprogram secara layak agar dapat hidup di Internet (secara teknis) dan mereka semua mempunyai beberapa jalan untuk dapat menarik pengunjung dan melakukan penjualan (marketing).

Selanjutnya, mari kita lihat 10 cara teratas agar Anda bisa mengganggu pengunjung website dan berusaha membuat website Anda sangat buruk pada 3 bagian ini. Berikut ini sebuah daftar, dibagi menjadi 3 kategori, yang bermaksud tentunya jangan sampai dilakukan.

Sepuluh (10) Jalan untuk Mencapai Desain Web yang Menyeramkan dan Membuat Marah Pengunjung Website Anda.

  1. Jangan pernah menggunakan kebijakan-kebijakan umum dalam web, gunakan format yang kacau dan tidak karuan sehingga tak seorangpun dapat melihat maupun memahami.
  2. Tulislah informasi yang sudah basi, tidak orisinil, membosankan dan jangan pernah memperbaharui (update) situs Anda.
  3. Buatlah navigasi yang benar-benar berbeda dan unik untuk setiap halaman sehingga pengunjung Anda tidak pernah tahu bahwa mereka berada pada situs yang sama dan susah diklik.
  4. Gunakan label (penamaan) yang membingungkan, penuh misteri dan susah difahami pada semua tautan (link) dan tombol-tombol Anda sehingga pengunjung menjadi kebingungan kemana dia akan diarahkan kalau diklik. Semakin membingungkan, semakin bagus.
  5. Buatlah agar pencarian data di situs tidak tersedia. Jangan beri kotak pencarian, tidak usah peta situs (site map) dan yang pokok, jangan sediakan jalan untuk menemukan apapun dalam website Anda.
  6. Tulislah informasi dalam situs yang hanya berbicara mengenai Anda sendiri. Jangan pernah menyebutkan sesuatupun yang berkaitan dengan pengunjung Anda atau bagaimana Anda dapat membantu mereka, bicarakan saja diri Anda sendiri, sejarah Anda, dan semua prestasi dan pencapaian Anda. Dan perlu juga ditambahkan di dalamnya, yaitu sebuah gambar Anda pribadi dengan ukuran cukup besar dan gambar kantor Anda tepat di halaman depan situs.
  7. Tulislah juga tulisan-tulisan yang penuh dengan kosa kata atau tata bahasa (grammar) yang tak beraturan, sertakan juga tulisan dengan pengejaan bahasa dan tanda baca yang banyak kesalahan di situs Anda.
  8. Jangan sertakan teks apapun. Buatlah semua halaman website Anda hanya berisi satu gambar besar. Singkatnya, di halaman depan Anda hanya berisi satu gambar besar dari diri Anda dan bangunan kantor Anda dan tidak mempunyai satu teks pun sehingga tak satupun mesin pencari (search engine) yang bisa menjelajah situs Anda.
  9. Gunakan navigasi berupa tombol saja, atau gunakan menu drop down JavaScript yang cukup kompleks yang membuat navigasi situs Anda semakin sulit. Cara lain, jika Anda menyertakan cara ini dan tak ada satupun link yang menggunakan teks, mesin pencari tidak akan pernah dapat menjelajah dan merekam website Anda.
  10. Buatlah situs Anda sesulit mungkin untuk dapaat dibaca pengunjung. Gunakan font tulisan yang sangat kecil sehingga sangat sulit dibaca apabila dikombinasikan dengan warna latar belakang yang cukup mencolok atau penuh corak. Misalnya, gunakan tulisan berwarna biru pada latar belakang berwarna hitam.

Sepuluh (10) Cara Teratas untuk Membuat Marah Pengunjung dengan Menggunakan Aspek-aspek Teknis dari Website Anda.

  1. Buatlah website Anda agar memakan waktu yang lama saat tampil di browser pengunjung. Semakin lama semakin baik.
  2. Buatlah situs Anda sedemikian rupa sehingga mempunyai tampilan yang berbeda-beda pada setiap komputer pengunjung. Misal, di komputer Mac nampak seperti tampilan lain, di PC nampak lain pula. Atau buatlah nampak berbeda pada browser yang berbeda-beda pula, misal pada Internet Explorer, Chrome, Firefox, Opera, dan lain-lain memiliki penampilan yang berbeda.
  3. Buatlah agar berbagai macam fungsi yang ada di website Anda sulit untuk digunakan dan bekerja dengan tidak benar dan tidak konsisten setiap kali digunakan.
  4. Masukkan tautan-tautan (links) yang sudah tidak ada dan gambar-gambar yang hilang.
  5. Pastikan bahwa situs diatur agar secara teratur mengalami kegagalan. Misal, jika lebih dari tiga pengunjung sedang berkunjung secara bersamaan, halaman utama menjadi tidak bisa diakses.
  6. Jangan gunakan form validasi. Ijinkan pengunjung memasukkan data apapun ke dalam form di dalam website Anda. Yang mungkin saja menyebabkan seorang hacker yang cukup pintar untuk dapat memasukkan kode-kode pintar yang dapat merusak atau bahkan mengambil alih server Anda.
  7. Buatlah semua pengunjung Anda agar wajib mengunduh (download) dan memasang plugin yang cukup banyak untuk dapat menampilkan website Anda secara baik. Jika mereka tidak melakukannya, maka akan kelihatan jelek.
  8. Sampaikan pada pengunjung bahwa mereka harus menampilkan website Anda hanya pada browser tertentu saja dan pada versi tertentu saja.
  9. Buatlah sedemikian rupa agar website Anda memunculkan banyal pop-ups, kotak surat yang bergerak kesana kemari, video yang sedang berjalan, film-film animasi atau Flash sehingga membuat pengunjung Anda mengunduhnya dan menampilkan website Anda dalam waktu yang sangat lama.
  10. Gunakan banyak bingkai (frame).

Sepuluh (10) Cara Teratas dalam Marketing.

  1. Buatlah website Anda mudah ditinggalkan orang. Dengan kata lain, buatlah agar setiap orang yang berkunjung ke salah satu halaman website Anda, mereka segera meninggalkan website Anda.
  2. Jangan masukkan ajakan apapun sehingga website Anda tidak pernah mengajak para pengunjung untuk melakukan apapun. Buatlah agar setiap halaman merupakan jalan buntu dan membuat pengunjung website Anda garuk-garuk kepala kemudian meninggalkannya.
  3. Tidak perlu melakukan apapun untuk membangun citra website.
  4. Tidak perlu menulis halaman berisi ketentuan atau kebijakan.
  5. Jangan timbulkan emosi atau perasaan apapun. Buat situs Anda datar saja, membosankan, menjemukan, dan mudah terlupakan.
  6. Pastikan agar tidak ada jalan bagi pengunjung untuk melakukan pendaftaran ataupun memberikan data kontak atau email mereka. Pastikan Anda tidak menggunakan situs Anda untuk membangun milis apapun.
  7. Jangan pernah mengubah seseorang yang berkunjung pada situs Anda menjadi pelanggan berbayar. Jangan pernah.
  8. Tidak perlu mengukur apapun.
  9. Jangan masukkan no telpon maupun email dan jangan sampai ada cara untuk dapat mengontak Anda. Sembunyilah dibalik situs Anda.
  10. buatlah sedemikian rupa agar mesin pencari tidak dapat membaca situs Anda dan buat pula agar orang yang berkunjung tidak bisa membaca situs Anda pula.

Ikuti tiga rangkaian cara di atas dan Anda akan memenangkan Website Terburuk Di Dunia (jika itu ada) dan tentu saja Anda akan membuat pengunjung website Anda benar-benar marah dan frustasi hingga langit ke tujuh.

<–

🙂

Mudah-mudahan kita yang sering berkecimpung di dunia internet, membuat atau mengembangkan website bisa mengambil hikmahnya.

Wa maa taufiqi illa billaah.

Posted By: Galih Hermawan
Last Edit: 01 Apr 2009 @ 14:19

EmailPermalink
Tags
Tags: ,
Categories: Komputer, Lain-Lain, Tutorial


 

Responses to this post » (4 Total)

 
  1. 15kb2s says:

    Assalamu’alaikum warohmatullohi wabarokatuh,
    salam kenal, mas galih kalau saya pribadi sih kalau ngikuti buat website yang buruk dan bikin frustasi pengunjung bukannya pengunjungnya yang frustasi tapi mungkin saya sendiri yang frustasi, karena saya bikin yang bagus dan bikin bagaimana pengunjung betah disitus saya itu saja gak bisa-bisa nih, oh ia kalau bisa saya kepingin private ke sampean gmn?

    • Wa’alaikumus salam. salam kenal juga 🙂 .
      Menurut saya, kalau website tipe blog, yang penting adalah theme (tema) yang dipilih, termasuk pewarnaan dan font. Namun yang lebih penting lagi adalah isi tulisan dari website (blog) kita.
      Kalau menarik dibaca, insya Allah akan membuat pengunjung betah berkunjung.

      Saya sendiri tidak terlalu ahli dalam bidang website, namun tetap terus belajar bereksperimen, sambil baca-baca dan belajar pada website/blog yang bertebaran di internet 🙂 .

      Jangan sungkan2 untuk berkirim pesan (email) dengan saya.

      Regards.

      • aji says:

        benar apa yang dikatakan mas 15kb2s, saya juga gi belajar tentang cara seperti itu, gimana ya mas cara agar website kita bisa di tampilan pertama. SEO yang paling ampuh apa ya mas? makasih. salam hormat. sekalian minta emailnya dong mas…. suwun

      • Mas Aji, yang penting itu konten, kalau konten bagus, insya Allah masyarakat internet akan berbondong-bondong mengunjungi website Anda. Dan tentunya trafik akan meningkat.

        Untuk SEO bisa menggunakan yang sudah built-in di wordpress, atau menggunakan plugin pihak ketiga.

        Apabila website “laris”, otomatis pihak search engine pun akan menaruhnya di atas.

        Email di halaman About.

        Regards.

Post a Comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>


 Last 50 Posts
 Back
Change Theme...
  • Users » 1
  • Posts/Pages » 46
  • Comments » 313
Change Theme...
  • VoidVoid
  • LifeLife
  • EarthEarth
  • WindWind
  • WaterWater « Default
  • FireFire
  • LightLight

Ijtima’ Indonesia 2009



    No Child Pages.

Keamanan Informasi Lanjut



    No Child Pages.

About



    No Child Pages.